Ketentuan Khusus Penggunaan Saldo Mitra bagi Pengemudi foodmedia
Ketentuan yang terdapat dalam halaman ini merupakan Ketentuan Layanan yang bersifat khusus untuk penggunaan Saldo Mitra (“Ketentuan Khusus”). Ketentuan Khusus ini menjadi bagian integral yang tak terpisahkan dari “Ketentuan Layanan.” Mitra Pengemudi mengakui dan memahami bahwa Ketentuan Khusus ini hanya berlaku bagi Mitra Pengemudi foodmedia yang belum melakukan migrasi dengan foodMoney. Jika Mitra Pengemudi foodmedia telah beralih ke foodMoney, maka Ketentuan Khusus ini tidak akan berlaku, dan yang berlaku adalah Ketentuan Khusus terkait penggunaan ShopeePay untuk Mitra Pengemudi yang diuraikan dalam Ketentuan Layanan.
Saldo Mitra Pengemudi: foodmedia akan mengelola dan menyalurkan pembayaran kepada Anda setelah dikurangi biaya-biaya dan/atau pajak yang menjadi kewajiban Anda, melalui suatu sistem saldo yang disebut “Saldo Mitra Pengemudi.” Pendapatan Anda akan tercatat di Saldo Mitra Pengemudi di Platform, dan dapat Anda tarik ke rekening bank yang Anda tunjuk, atau, bila berlaku, ke akun penerima lain yang tersedia di Platform. Dengan ini, Anda memberikan kewenangan dan kuasa kepada foodmedia atau Afiliasinya untuk melakukan pemotongan dari Saldo Mitra Pengemudi atas sejumlah uang yang ada di Saldo Mitra Pengemudi, namun bukan merupakan hak dari Mitra Pengemudi sebagaimana diatur dalam Ketentuan Layanan ini, atau sebagaimana diberitahukan kepada Anda melalui Platform.
Saldo Minimum: Anda diwajibkan mempertahankan saldo positif atau minimum saldo dalam jumlah tertentu di dalam Saldo Mitra Pengemudi (“Saldo Minimum”) untuk dapat menggunakan Layanan Pengantaran. Nilai Saldo Minimum tersebut akan ditetapkan oleh Perusahaan dan diinformasikan kepada Anda melalui Platform. Nilai Saldo Minimum dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan Kebijakan Perusahaan. Anda berhak menambah dana ke dalam Saldo Mitra Pengemudi untuk memenuhi persyaratan Saldo Minimum.
Dana di dalam Saldo Mitra Pengemudi: Dana yang ada di Saldo Mitra Pengemudi Anda tidak boleh dianggap, ditafsirkan, atau digunakan sebagai instrumen berharga atau surat berharga konvertibel. Anda tidak akan menerima bunga atau pendapatan lain dari Saldo Mitra Pengemudi Anda. Foodmedia berhak menerima bunga atas jumlah yang dipegang oleh foodmedia atas nama Anda. Anda menyetujui untuk mengalihkan hak Anda kepada foodmedia atas setiap bunga yang dihasilkan dari saldo di Saldo Mitra Pengemudi Anda.
Kuasa Berkelanjutan: Seluruh kuasa yang Anda berikan kepada Kami atau Afiliasi Kami, sebagaimana dijelaskan dalam Ketentuan Layanan ini, tidak akan berakhir karena sebab apa pun, termasuk alasan yang diatur dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata atau ketentuan lain yang berlaku. Kuasa pengelolaan Saldo Mitra Pengemudi dapat dicabut oleh Mitra sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam Ketentuan Layanan ini dan sepanjang diizinkan dan sesuai dengan Hukum yang Berlaku.
Ketentuan layanan Mitra Pengemudi foodmedia
1.1. Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan
Ketentuan layanan Mitra Pengemudi foodmedia
Bagian 1 : Ketentuan Umum
1.1. Syarat dan ketentuan ini (Ketentuan Layanan) adalah syarat dan
ketentuan yang akan mengatur hak dan kewajiban anda sebagai pihak
ketiga(“Anda” atau “Mitra Pengemudi”) penyedia layanan pengantaran
foodmedia untuk PT Asia Kreasi Mandiri (“foodmedia”) disebut sebagai
perusahaan. Ketentuan layanan ini merupakan perjanjian yang mengikat
secara hukum antara Anda dan Perusahaan. Mohon membaca ketentuan
layanan ini dengan seksama sebelum setuju untuk melakukan layanan
pengantaran (sebagaimana didefinisikan di dalam ketentuan layanan ini)
Pengemudi dan/atau melakukan pengantaran produk yang merupakan
bagian dari layanan, Anda setuju untuk terikat oleh Ketentuan Layanan
ini dan setiap bagian daripadanya.
1.2. Sehubungan dengan layanan Pengantaran foodmedia
a. KebijakanPerusahaan merupakan satu kesatuan dan bagian yang
tidak terpisahkan dari ketentuan layanan ini. Meskipun merupakan
satu kesatuan, kebijakan perusahaan akan berlaku jika terdapat
perbedaan dengan ketentuan layanan ini sehubungan dengan
penyediaan layanan pemesanan foodmedia.
b. PT Asia Kreasi Mandiri adalah perusahaan tehnologi yang
menyediakan layanan pemesanan foodmedia, termasuk layanan
platform daring yang menyediakan tempat dan peluang bagi anda
untuk melakukan pengantaran produk foodmedia. Foodemdia tidak
menyediakan atau bertindak sebagai penyedia layanan transfortasi,
kurir, pos, jasa pengiriman, dan lain lain atau bertindak sebagai agen
untuk setiap orang maupun perusahaan. Kontrak sesungguhnya
untuk layanan pengantaran foodmedia adalah langsung antara anda
dan pelanggan. Foodmedia tidak menjadi pihak dalam kontrak
tersebut atau dalam kontrak lain mana pun yang diadakan antara
anda, Merchant, dan Pelanggan, dan kami tidak memikul kewajiban
apapun sehubungan dengan kontrak tersebut. Anda bertindak sebagai
penyedia layanan pihak ketiga yang independent tidak akan mewakili
untuk menjadi agen, Karyawan, atau staf dari foodmedia.
Bagian 2 : Definisi
Dalam ketentuan layanan ini, kata-kata berikut ini memiliki arti sebagaimana
ditetapkan dibawah ini :
2.1. “Afiliasi” adalah dalam kaitannya dengan suatu pihak, setiap entitas yang
mengendalikan, berada dibawah kendali, atau berada dibawah kendali
bersama, dengan pihak tersebut, dimana kontrol berarti kepemilikan langsung
atau tidak langsung lebih dari 50 persen dari hak suara atau sejenisnya hak
kepemilikan pihak tersebut atau kekuatan hukum untuk mengarahkan atau
menyebabkan arahan menajemen umum dan kebijakan-kebijakan pihak
tersebut, baik melalui kepemilikan hak suara, melalui kontrak atau tidak, dan
mengontrol dan dikontrol harus ditafsirkan sesuai dengan hal tersebut.
2.2. “Aplikasi Mitra” adalah aplikasi yang disediakan oleh PT Asia Kreasi
Mandiri (“foodmedia”) untuk Mitra Pengemudi dapat menerima pesanan.
2.3. “Fitur Skema Hub” adalah fitur tambahan pada layanan pengantaran
foodmedia yang memungkinkan mitra pengemudi Hub melakukan pengantaran
di area Hub ramai pesanan yang telah dipilih dalam periode yang telah
ditetapkan oleh foodmedia.
2.4. “Tarip Dasar” berarti tarip dasar foodmedia
2.5. “Tarip dasar Foodmedia” berarti biaya yang diterima oleh mitra
pengemudi dari pelanggan atas layanan pengantaran foodmedia. Atas layanan
yang besarannya ditentukan oleh PT Asia Kreasi Mandiri berdasarkan kebijakan
mutlak dan nantinya akan dibayarkan kepada mitra pengemudi.
2.6. “Data Pribadi” berarti informasi yang dapat digunakan untuk
mengindetifikasikan seseorang atau perangkat yang darinya orang atau
perangkat tersebut dapat diidentifikasi, Data pribadi mencakup, namun, tidak
terbatas pada nama, kebangsaan, nomor telpon, rincian bank dan kartu kredit,
ketertarikan pribadi, alamat surel, foto diri, nomor identitas yang dikeluarkan
oleh pemerintah, data biometric, ras, tanggal lahir, status perkawinan, agama,
informasi kesehatan, informasi kendaraan, dan asuransi dari seseorang
dan/atau perangkat.
2.7. :Kebijakan Perusahaan” berarti sebagai berikut:
a. Kebijakan Privasi foodmedia
b. Kode Etik Mitra Pengemudi
c. Semua blangko, kebijakan, pemberitahuan, pedoman, pertanyaan
umum lainnya (FAQ), atau perjanjian yang diberikan kepada atau
disetujui oleh anda dan/ atau disediakan dalam platform, dari waktu
ke waktu.
2.8. “Kebijakan Privasi foodmedia” berarti kebijakan privasi foodmedia yang
dapat diakses di :Kebijakan Privasi atau ditemukan di platform.
2.9. “Ketentuan Khusus Pengguna Saldo Mitra Bagi Pengemudi foodmedia”
atau “ketentuan saldo mitra penggemudi” berarti ketentuan terkait saldo
mitra pengemudi yang dapat di akses di: Ketetntuan khusus pengguna saldo
mitra bagi pengemudi foodmedia atau ditemukan diplatform.
2.10. “Kode Etik Mitra Pengemudi” bearti kode etik untuk mitra pengemudi
yang dapat diakses di: Point pinalti mitra pengemudi foodmedia atau ditemukan
diplatform.
2.11. “Ketentuan Layanan Fitur Skema Hub” berarti ketentuan pengguna
fitur skema hub yang dapat di akses di Ketentuan Rinci fitur Skemna Hub atau
ditemukan di platform.
2.12. “Layanan Pengantaran” berarti layanan pengantaran foodmedia yang
anda berikan berdasarkan ketentuan layanan ini.
2.13. “Layanan Pengantaran foodmedia” adalah layanan pengantaran
foodmedia (food-D ) atau layanan pengantaran produk mediaMart apabila telah
tersedia dikemudian hari yang anda sediakan dan berikan kepada pelanggan
berdasarkan ketentuan layanan ini.
2.14. “Layanan foodmedia” adalah layanan penyediaan Platform yang
disediakan oleh PT Asia Kreasi Mandiri kepada mitra pengemudi agar mitra
pengemudi dapat menerima pesanan melalui platform.
2.15. “Pelanggan” berarti pihak yang membeli produk foodmedia atau produk
atau yang memesan jasa untuk pengiriman produk E-commerce atau produk
non e-Ecommerce.
2,16. “Penjual foodmedia” berarti penjual terdaftar di platform yang
menggunakan jasa pengiriman untuk mengirimlan produk E-Commerce ke
pelanggan.
2.17. “Platform” berarti platform teknologi, aplikasi, portal, atau sejenis situs
web foodmedia, yang memungkinkan pelanggan untuk memesan pengantaran
produk dari anda.
2,18. “Produk” berarti produk foodmedia, atau produk foodmediamart, atau
produk E-commerce, atau produk non e-Commerce.
2.19. “Produk E-Commerce” berarti produik yang terjual melalui platform
foodmedia, dibeli oleh pelanggan dan dikirim melalui layanan mitra pengemudi
(food-D)
2.20. “Produk mediaMart” berarti produk barang-barang yang dijual oleh
merchant patner berupa supermarket, mini market, toko kelontong dan
sejenisnya yang tersedia untuk dipesan oleh pelanggan melalui platform (apabila
telah tersedia dikemudian hari)
2.21. “Pesanan” berarti pesanan pengantaran produk yang dipesan oleh
pelanggan melalui platform .
2.22. “Saldo Mitra Pengemudi” baerarti suatu sistem saldo yang dikelola oleh
perusahaan untuk menyalurkan pembayaran kepada mitra pengemudi sesuai
ketentuan saldo mitra pengemudi.
2.23. “Foodmedia” berarti fitur layanan pemesanan makanan dan/atau
minuman yang dijual oleh merchant patner melalui platform.
2.24. “mediaMart” baerarti fitur layanan pemesanan produk yang dijual oleh
merchant patner berupa produk supermarket, mini market, toko kelontong, dan
sejenisnya, yang memungkinkan pelanggan untuk memesan melalui platform
yang telah atau akan di sediakan.
Bagian 3 : Pernyataan, Jaminan, dan Kesanggupan.
3.1. Anda menyatakan, menjamin, dan menyanggupi secara berkelanjutan
selama terikat dalam ketentuan layanan ini dan/atau menggunakan layanan
foodmedia
3.1.1. Anda (i) memiliki surat izin mengemudi yang masih berlaku dan di izinkan
untuk mengoperasikan kendaraan bermotor, serta memiliki semua izin,
persetujuan dan kewenangan untuk menyediakan layanan transportasi atau
pengantaran bagi pihak ketiga, dengan menerima upah (ii) memilik STNK asli
dari kendaraan anda yang mana tahun terbit dari STNK tersebut tidak boleh
lebih tua dari tahun 2013.
3.1.2 Anda telah berusia 19 (Sembilan belas) tahun atau usia yang diijinklan
berdasarkan Hukum yang berlaku atau sudah menikah , dan tidak berada
dibawah perwalian atau pengampuan atau telah mendapatkan persetujuan dari
orang tua, wali, dan anda secara hukum memiliki kapasitas atau kecakapan,
dan berhak untuk mengikatkan diri pada ketentuan layanan ini. Semua
informasi yang anda berikan harus benar dan akurat.
3.1.3. Jika relevan, anda memegang atau memiliki hak dan kewenangan
berdasarkan hukum untuk mengoperasikan, dan anda memiliki semua ijin dan
persetujuan dengan kendaraan, sepeda motor, sepeda atau, alat transportasi
lain (“Kendaraan”) yang akan anda gunakan saat memberi layanan
pengantaran, dan kendaraan tersebut dalam kondisi laik operasi dan memenuhi
standar, keamanan industri untuk kendaraan jenis tersebut dan/atau
kebijakan perusahaan (sebagaimana berlaku)
3.1.4. Anda wajib menggunakan seluruh perlengkapan wajib untuk
keselamatan berkendara termasuk namun tidak terbatas pada helm dan jaket,
serta atribut kelengkapan foodmedia.
3.1.5. Anda bertanggung jawab penuh atas setiap dan semua klaim, putusan,
dan tanggung jawab yang diakibatkan oleh kecelakaan, kerugian karena
kehilangan (loss) atau kerugian karena kerusakan (damage), termasuk, namun
tidak terbatas pada cedera pribadi, kematian, kerugian total dan kerusakan
properti dan/atau Produk yang Anda antarkan yang disebabkan oleh, atau
diduga sebagai akibat dari Layanan Pengantaran yang Anda berikan;
3.1.6. Anda mengakui dan menyatakan bahwa dalam hal terdapat kasus
kehilangan atau kerusakan Produk saat di dalam Layanan Pengantaran Anda,
maka foodmedia akan melakukan investigasi. Apabila hasil investigasi
menyatakan bahwa kehilangan atau kerusakan Produk disebabkan oleh
kelalaian Anda, maka Anda wajib mengganti nominal dari Produk yang hilang
atau rusak tersebut. Selama investigasi masih berjalan dan kewajiban Anda atas
Produk yang hilang atau rusak tersebut belum ditunaikan, maka foodmedia
berhak untuk menghentikan sementara dan/atau permanen (sesuai dengan
keputusan tunggal dari foodmedia ) seluruh kegiatan Anda yang berhubungan
dengan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada pemblokiran akses ke
aplikasi dan penonaktifan Saldo Mitra Pengemudi.
3.1.7. Anda wajib mematuhi semua Hukum Yang Berlaku terkait pengoperasian
layanan pengantaran, dan bertanggung jawab penuh atas setiap pelanggaran
terhadap Hukum Yang Berlaku tersebut;
3.1.8. Anda hanya akan menggunakan Layanan foodmedia untuk tujuan yang
sah menurut Hukum Yang Berlaku dan hanya untuk tujuan yang wajar dan
sebagaimana mestinya Platform, Layanan foodmedia
3.1.9. Anda tidak memiliki catatan kriminal di wilayah Republik Indonesia atau
yurisdiksi lain mana pun;
3.1.10. Anda akan segera memberikan foodmedia dokumen atau informasi
tambahan apa pun yang diminta oleh foodmedia yang terkait dengan Ketentuan
Layanan ini, termasuk bukti identitas, bukti kepemilikan, atau hak untuk
menggunakan Kendaraan. Anda menyetujui bahwa Anda mungkin tunduk pada
pengecekan latar belakang, catatan kriminal, dan pemeriksaan catatan
mengemudi dari waktu ke waktu dan Anda akan bekerja sama sehubungan
dengan hal ini sebagaimana disyaratkan oleh foodmedia
3.1.11. Anda tidak boleh menghubungi Pelanggan untuk tujuan selain yang
berkenaan dengan Layanan foodmedia
3.1.12. Anda menyadari bahwa saat merespons Pelanggan, Anda mungkin akan
dikenai, dan sepenuhnya menanggung biaya telekomunikasi standar;
3.1.13. Anda tidak akan menyimpan atau mengungkapkan kepada siapapun
informasi rahasia apapun, termasuk Informasi Pribadi (termasuk Informasi
Pribadi milik Pelanggan atau yang Anda peroleh dalam pelaksanaan Layanan
Pengantaran), informasi mengenai bisnis, urusan, pelanggan, klien, dan/atau
Afiliasinya;
3.1.14. Anda hanya akan menggunakan titik akses internet (internet access
point) dan akun data dimana Anda memiliki hak untuk menggunakannya;
3.1.15. Anda wajib memberitahukan foodmedia selambat-lambatnya dalam
1×24 jam setelah Anda mengetahui bahwa telepon genggam Anda hilang atau
berpindah tangan untuk foodmedia dapat segera memblokir Aplikasi Mitra dan
nomor Mitra Pengemudi yang terdaftar pada perangkat telepon genggam
tersebut.
3.1.16. Anda setuju bahwa foodmedia dapat sewaktu-waktu, dengan
pemberitahuan kepada Mitra Pengemudi, memblokir Aplikasi Mitra dalam hal
Mitra Pengemudi melakukan pelanggaran Kode Etik Mitra Pengemudi.
3.1.17. Anda tidak boleh terlibat dalam kegiatan penipuan, menyesatkan, atau
tipu daya;
3.1.18. Anda setuju bahwa Anda dilarang membagi-bagikan kupon dan
merekomendasikan bentuk diskon lain apapun kepada Pelanggan tanpa
persetujuan terlebih dahulu dari foodmedia. Anda dilarang keras menggunakan
Layanan foodmedia untuk tujuan lain, seperti, namun tidak terbatas pada
penggalian data informasi foodmedia atau informasi terkait Platform atau
Layanan foodmedia. Pelanggaran terhadap ketentuan ini merupakan
pelanggaran berat dan dapat dianggap sebagai spionase atau sabotase industri,
dan foodmedia berhak mengambil tindakan yang wajar atau yang diizinkan
berdasarkan Hukum Yang Berlaku terhadap Anda; dan
3.1.19. Anda tidak akan merusak reputasi foodmedia atau Afiliasinya dengan
cara apapun. Pernyataan ini akan tetap berlaku dan mengikat Mitra Pengemudi
walaupun Ketentuan Layanan ini telah berakhir atau diakhiri.
3.1.20 Atas setiap hal-hal yang terkait langsung, tidak langsung, maupun tidak
terkait dengan Layanan foodmedia, Anda mengakui bahwa foodmedia tidak
bertanggung jawab atas setiap dan seluruh tuntutan hukum, keluhan, klaim
apapun yang ditujukan langsung kepada Mitra Pengemudi.
BAGIAN 4: PEMBERIAN LISENSI
4.1. foodmedia dan pemberi lisensinya, jika relevan, memberi Anda lisensi yang
dapat ditarik, non-eksklusif, tidak dapat dipindahtangankan, dan terbatas,
untuk menggunakan dan mengakses Platform dan/atau Aplikasi Mitra, dengan
tunduk pada syarat dan ketentuan dalam Ketentuan Layanan ini. Foodmedia,
dan pemberi lisensinya mencadangkan semua hak yang tidak secara tegas
diberikan kepada Anda.
BAGIAN 5: BIAYA DAN PEMBAYARAN
5.1. Dalam penyelenggaraan Layanan Pengantaran oleh Anda, Anda berhak
membebankan Tarif Dasar.
5.2. Sebagai bagian dari Layanan Pengantaran foodmedia, foodmedia
memfasilitasi pembebanan Tarif Dasar oleh Mitra Pengemudi kepada Pelanggan
dengan cara menyarankan atau menawarkan Tarif Dasar, dimana nilai Tarif
Dasar tersebut dihitung melalui Platform. Anda dapat, atas diskresi mutlak
Anda, untuk menerima atau menolak penawaran atas Tarif Dasar tersebut
dengan cara tidak melaksanakan Layanan Pengantaran foodmedia.
5.3. Anda memahami dan menyetujui bahwa foodmedia dapat, sejauh diizinkan
oleh Hukum Yang Berlaku, dengan pemberitahuan secara wajar, menyesuaikan
atau membatalkan Tarif Dasar yang dibebankan sehubungan dengan
pelaksanaan Layanan Pengantaran, termasuk apabila foodmedia mengetahui
bahwa ada kesalahan dalam perhitungan Tarif Dasar, adanya pelanggaran
Ketentuan Layanan ini, adanya biaya yang dibebankan ketika seharusnya tidak
dibebankan (atau sebaliknya), atau adanya keluhan dari Pelanggan.
5.4. Mitra Pengemudi mengetahui dan menyetujui bahwa Pelanggan dapat
memilih untuk membayar Tarif Dasar dengan metode pembayaran yang
ditawarkan melalui dan tersedia dalam Platform dari waktu ke waktu, kartu
kredit, kartu debit, fasilitas pinjaman atau dengan menggunakan layanan uang
elektronik, termasuk foodMoney.
5.5. Biaya yang Anda bayarkan kepada foodmedia atas Layanan foodmedia
harus segera dibayarkan setelah selesainya Layanan foodmedia dan tidak dapat
dikembalikan dan termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) (“Biaya Layanan
foodmedia”). Tunduk pada batasan apapun yang ditentukan berdasarkan
Hukum Yang Berlaku, Biaya Layanan foodmedia adalah persentase atau porsi
tertentu dari Tarif Dasar yang ditetapkan foodmedia berdasarkan kebijakannya,
termasuk PPN, untuk setiap transaksi. Kebijakan tidak adanya pengembalian
Biaya Layanan foodmedia ini berlaku setiap saat tanpa menghiraukan
keputusan Anda untuk menghentikan akses Anda ke Platform, keputusan kami
untuk menghentikan atau menangguhkan akses Anda ke Platform, atau
gangguan terhadap Layanan foodmedia (baik yang direncanakan, tidak dapat
diduga, maupun yang disengaja) atau alasan lain apa pun. Atas biaya Layanan
foodmedia yang Anda telah bayarkan, foodmedia dapat memberikan Cashback
Mitra.
5.6. Perhitungan Biaya Layanan foodmedia akan dihitung melalui sistem dalam
Layanan foodmedia dari waktu ke waktu dan dapat diterapkan kapan saja oleh
Perusahaan dengan tunduk pada Hukum Yang Berlaku. foodmedia dapat
memperbarui dasar dimana Biaya Layanan foodmedia dihitung melalui Layanan
foodmedia kapan saja dengan kebijaksanaan mutlaknya dan dengan tunduk
pada Hukum Yang Berlaku. Setiap pembaruan tersebut akan diberitahukan
sebelumnya kepada Anda dalam jangka waktu yang wajar. Biaya Layanan
foodmedia apapun yang dibayarkan kepada foodmedia pada atau setelah
tanggal dimana ada pembaruan baru yang berlaku akan tunduk pada
perhitungan yang paling baru. Sebagai bagian dari Layanan foodmedia, sistem
di dalam Layanan foodmedia akan menghasilkan nota pesanan untuk setiap
Layanan foodmedia atas nama Anda, mendokumentasikan Tarif Dasar yang
harus dibayar oleh Pelanggan untuk setiap pelaksanaan Layanan foodmedia.
5.7. Anda mengakui dan menegaskan bahwa perusahaan berhak mengelola dan
bertindak sebagai agen pengumpul bagi anda, untuk membayarkan kepada
anda, jumlah tota base fare yang menjadi hak anda sehubungan dengan
penyedia layanan pengantaran oleh anda.
5.8. foodmedia berhak, atas kebijakannya sendiri, membuat penawaran promosi
dengan fitur dan tarif berbeda untuk Layanan Pengantaran bagi seorang
Pelanggan, dan Anda wajib menghormati penawaran promosi tersebut.
BAGIAN 6: foodmedia UNTUK MITRA PENGEMUDI
6.1. foodmedia akan mengelola dan menyalurkan pembayaran kepada Anda,
setelah dikurangi dengan biaya-biaya dan/atau pajak yang menjadi kewajiban
Anda, melalui foodmediaMoney Mitra Pengemudi. Pendapatan Anda akan
ditampilkan di foodMoney pada akun Mitra Pengemudi, dan dapat Anda tarik
ke rekening bank yang Anda tunjuk, sesuai dengan ketentuan layanan
foodmediaMoney. Layanan foodMoney disediakan oleh PT …………. sesuai
dengan persyaratan, ketentuan dan kebijakan penggunaan layanan yang
ditentukan oleh pt……
6.2. Mitra Pengemudi wajib untuk mengaktivasi fitur foodMoney Plus di dalam
akun Mitra Pengemudi untuk menerima pembayaran biaya-biaya yang harus
dibayarkan oleh foodmedia kepada Mitra Pengemudi. Dengan mengaktivasikan
akun foodMoney
(a) Anda setuju dan dengan ini memberikan kewenangan dan kuasa yang
tidak dapat ditarik kembali kepada foodmedia (sebagaimana relevan), untuk
mentransfer data/informasi pribadi anda yang berada dalam
kepemilikan/penguasaan foodmedia (sebagaimana relevan) kepada pt….
untuk tujuan mengaktivasikan akun foodMoney, mengelola,
mengoperasikan, mengatur, dan menyediakan layanan foodMoney kepada
anda, dan semua tujuan terkait dan insidentil.
(b) Anda setuju dan dengan ini memberikan kewenangan dan kuasa yang
tidak dapat ditarik kembali kepada foodmedia (sebagaimana relevan), untuk
memberikan instruksi/perintah sebagaimana diperlukan kepada PT ……
atas akun uang elektronik foodMoney Anda yang digunakan, sehubungan
dengan Layanan Pengantaran yang Anda berikan untuk melakukan
pembekuan saldo, penyesuaian, penarikan, penangguhan, penonaktifan
fitur (baik sebagian maupun keseluruhan) dan/atau pemotongan dana dari
akun foodMoney yang Anda gunakan serta pemblokiran akses ke aplikasi
dan penerimaan Pesanan apabila: (i) terdapat atas sejumlah uang yang ada
di akun foodMoney Anda namun bukan merupakan hak Anda dari Layanan
Pengantaran sebagaimana hal tersebut diatur dalam Ketentuan Layanan
ini, atau sebagaimana diberitahukan kepada Anda melalui Platform, (ii)
terdapat kelebihan dana yang dikirimkan oleh foodmedia (sebagaimana
relevan) ke akun foodMoney Anda yang disebabkan oleh gangguan sistem;
(iii) terdapat kewajiban Anda yang belum dibayarkan/dilunasi kepada
foodmedia (sebagaimana relevan) dan/atau pihak yang bekerja sama
dengan foodmedia (sebagaimana relevan) sesuai dengan ketentuan yang
telah disepakati antara Anda dengan pihak tersebut, atau (iv) terdapat
alasan-alasan lain yang diberitahukan kepada Anda sepanjang tidak
melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan di Indonesia.
6.3. Anda mengakui dan memahami bahwa: (i) Sehubungan dengan
kepentingan pembayaran, foodmedia dapat sewaktu-waktu menangguhkan
akun Mitra Pengemudi apabila Mitra Pengemudi tidak mengaktivasikan
foodMoney pada akun Mitra Pengemudi; (ii) Anda juga mungkin tidak dapat
menggunakan foodMoney Anda dalam hal akun Mitra Pengemudi ditangguhkan
akibatnya adanya pelanggaran sesuai dengan Ketentuan Layanan ini; (iii) Dalam
hal foodMoney Anda terblokir atau, karena satu dan lain hal tidak dapat
digunakan karena melanggar Ketentuan Layanan foodMoney, maka Anda
mungkin tidak dapat masuk ke akun Mitra Pengemudi Anda sampai foodMoney
Anda kembali dapat digunakan.
6.4. Untuk dapat menggunakan Layanan Pengantaran, Anda juga harus pada
setiap waktu memperhatikan saldo di dalam Saldo Mitra Pengemudi dan
foodMoney Mitra Pengemudi. Apabila Mitra Pengemudi memiliki tunggakan yang
harus dibayarkan oleh Mitra Pengemudi kepada Perusahaan, maka jumlah
tunggakan tersebut akan tertera pada Saldo Mitra Pengemudi. Mitra Pengemudi
dapat melakukan pembayaran jumlah tunggakan tersebut kepada Perusahaan
dengan menambah dana pada foodMoney Mitra Pengemudi. Penambahan dana
pada foodMoney Mitra Pengemudi akan secara otomatis mengurangi nilai
tertunggak yang tertera pada Saldo Mitra Pengemudi.
6.5. Seluruh kuasa yang diberikan oleh Anda kepada Kami atau Afiliasi Kami
sebagaimana disebutkan dalam Ketentuan Layanan ini tidak akan berakhir
karena sebab apapun termasuk karena sebab-sebab yang diatur dalam Pasal
1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata atau ketentuan
lain berdasarkan Hukum yang Berlaku, yang memberikan hak kepada Mitra
untuk mencabut kuasa pengelolaan foodMoney atau Saldo Mitra Pengemudi
dengan tunduk pada seluruh ketentuan yang ada di dalam Ketentuan Layanan
ini dan sepanjang diizinkan dan sesuai dengan Hukum yang Berlaku.
6.6. Mitra Pengemudi memahami dan setuju bahwa ketentuan yang disebutkan
di dalam ayat (1) sampai dengan (5) di atas akan berlaku terhitung sejak tanggal
1 januari 2024 Apabila. Mitra Pengemudi belum teraktivasi akibat sistem
foodmedia maka Ketentuan Saldo Mitra Pengemudi tetap akan berlaku sampai
dengan foodMoney Mitra Pengemudi berhasil teraktivasi dan dapat digunakan
pada Akun Mitra Pengemudi.
BAGIAN 7: PESANAN DAN PEMBATALAN
7.1. Pelanggan mengandalkan Anda untuk pengantaran atau penyediaan
Layanan Pengantaran. Anda setuju bahwa tingkat pembatalan yang tinggi
dan/atau sering, atau mengabaikan pemesanan Pelanggan akan mengganggu
pengalaman Pelanggan dan berdampak negatif terhadap reputasi dan merek
foodmedia.
7.2. foodmedia berhak sewaktu-waktu menetapkan kebijakannya terkait
pesanan dan pembatalan, termasuk namun tidak terbatas pada jenis Produk,
nilai minimum pesanan, lokasi pesanan, alokasi pesanan, jarak pengantaran,
dan alasan pembatalan yang dapat diterima.
7.3. Untuk Layanan Pengantaran foodmedia, setiap keluhan antara Anda dan
Pelanggan sedapat mungkin harus dibicarakan antara satu sama lain secara
langsung ketika Layanan Pengantaran sedang dilakukan.
7.4. Dalam hal apapun, foodmedia berhak dan akan memfasilitasi setiap
keluhan Pelanggan yang tidak dapat terselesaikan secara langsung antara Anda
dan Pelanggan. Dalam segala hal, foodmedia berhak untuk mengambil
keputusan untuk penyelesaian setiap keluhan Pelanggan yang tidak dapat
terselesaikan secara langsung antara Anda dan Pelanggan sesuai dengan
pertimbangan dan diskresi foodmedia dengan mengacu pada bukti-bukti yang
tersedia.
BAGIAN 8: FITUR SKEMA HUB
8.1. Khusus untuk Layanan Pengantaran foodmedia, foodmedia menyediakan
Fitur Skema Hub sebagai suatu layanan tambahan yang dapat diberikan oleh
Mitra Pengemudi Hub (sebagaimana didefinisikan di Bagian 8 ini) kepada
Pengguna.
8.2. Mitra Pengemudi dapat mengaktivasi Fitur Skema Hub dan dengan
mengaktivasi Fitur Skema Hub, Mitra Pengemudi memberikan persetujuan atas
Ketentuan Layanan Fitur Skema Hub yang tertera pada Platform. Fitur Skema
Hub dapat digunakan oleh Mitra Pengemudi sesuai dengan Ketentuan Layanan
Fitur Skema Hub.
BAGIAN 9: KEKAYAAN INTELEKTUAL
9.1. foodmedia dan pemberi lisensinya, jika relevan, memiliki semua hak, alas
hak, dan kepentingan, termasuk semua hak kekayaan intelektual terkait, dalam
dan atas Platform dan dengan perluasan ke Layanan foodmedia dan saran, ide,
permintaan penambahan fungsionalitas atau peningkatan mutu performa,
umpan balik, rekomendasi, atau informasi lain yang diberikan oleh Anda atau
pihak lain sehubungan dengan Layanan foodmedia dan/atau Layanan
Pengantaran. Ketentuan Layanan ini bukan merupakan suatu perjanjian
penjualan dan tidak menyerahkan kepada Anda hak kepemilikan dalam atau
terkait Layanan foodmedia, Platform, atau hak kekayaan intelektual yang
dimiliki oleh foodmedia dan/atau pemberi lisensinya. Nama dan logo foodmedia
adalah milik foodmedia dan tidak ada hak atau lisensi yang diberikan untuk
menggunakan nama dan logo tersebut.
BAGIAN 10: PAJAK
10.1. Anda setuju bahwa Ketentuan Layanan ini dapat dikenakan pajak, bea,
ongkos, beban, dan/atau biaya wajib, bagaimanapun denominasinya, yang
mungkin diberlakukan dari waktu ke waktu. Sesuai dengan peraturan pajak
yang berlaku, Perusahaan dapat melaporkan pajak-pajak yang mungkin timbul
dari jumlah apapun yang diberikan kepada Anda kepada otoritas pajak, dimana
dalam permintaannya otoritas pajak mungkin saja dapat meminta, dan kami
harus memberikan, data-data terkait dengan Anda. Anda harus mematuhi
semua Hukum Yang Berlaku dan mengambil semua langkah yang diperlukan
untuk memungkinkan, membantu dan/atau melindungi foodmedia untuk
mengklaim atau memverifikasi pengkreditan pajak masukan, melakukan
kompensasi/perjumpaan utang, rabat, atau pengembalian dana sehubungan
dengan pajak yang telah dibayarkan atau yang terutang sehubungan dengan
Layanan foodmedia. Anda setuju dan sepakat bahwa Perusahaan tidak
bertanggung jawab atas pajak-pajak dan administrasi yang terkait yang
merupakan kewajiban Anda sendiri berdasarkan peraturan perpajakan yang
berlaku atau Ketentuan Layanan ini dan oleh karenanya Anda membebaskan
Perusahaan dari setiap dan seluruh resiko yang mungkin timbul akibat
pelaporan atau permintaan pengurusan pajak-pajak dan administrasi yang
terkait yang merupakan kewajiban Anda oleh otoritas pajak sesuai dengan
hukum yang berlaku.
10.2. Anda bertanggung jawab membayar dan melaporkan pajak dan iuran
wajib sehubungan dengan jumlah apapun yang Anda terima berdasarkan atau
sehubungan dengan Ketentuan Layanan ini.
BAGIAN 11: KERAHASIAAN
11.1. Anda wajib menjaga kerahasiaan semua informasi dan data yang
berkaitan dengan foodmedia, layanan, produk, urusan bisnis, rencana
pemasaran dan promosi, atau operasional lainnya, serta asosiasinya, yang
diungkapkan kepada Anda oleh atau atas nama foodmedia (baik secara lisan
maupun tertulis, yang diungkapkan sebelum, pada atau setelah tanggal
Ketentuan Layanan ini), atau yang secara langsung maupun tidak langsung
Anda peroleh dari foodmedia, atau perusahaan afiliasinya, atau yang dibuat
selama jangka waktu Ketentuan Layanan ini. Lebih lanjut Anda menjamin
bahwa Anda hanya menggunakan informasi rahasia tersebut dalam rangka
penggunaan Layanan foodmedia, dan tidak akan, tanpa persetujuan tertulis
sebelumnya dari foodmedia, mengungkapkan informasi tersebut kepada pihak
ketiga mana pun, atau menggunakannya untuk tujuan lain apa pun.
11.2. foodmedia dapat mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan
dan/atau mengolah data pribadi Anda untuk menanggapi proses hukum atau
mematuhi atau sebagaimana diwajibkan oleh setiap hukum, persyaratan
pemerintah atau peraturan yang berlaku dengan yurisdiksi yang relevan atau
jika kami memiliki keyakinan dengan niat baik bahwa pengungkapan tersebut
diperlukan, termasuk, dengan tidak terbatas pada, memenuhi persyaratan
untuk melakukan pengungkapan berdasarkan persyaratan hukum yang
mengikat foodmedia atau perusahaan terkait atau afiliasinya.
BAGIAN 12: PENGGANTIAN KERUGIAN
12.1. Dengan menyetujui Ketentuan Layanan saat menggunakan Layanan,
Anda setuju bahwa Anda akan menjamin dan membebaskan foodmedia,
pemberi lisensinya, dan masing-masing afiliasi, pejabat, direktur, pemegang
saham, karyawan, pengacara, dan agen foodmedia, dan pemberi lisensinya
tersebut dari dan terhadap setiap dan semua klaim, biaya, kerugian, tanggung
jawab, dan pengeluaran (termasuk biaya jasa profesional dan biaya yang
dikeluarkan oleh pengacara, serta biaya sehubungan dengan diambil atau
diajukannya langkah atau proses hukum) yang timbul dari atau sehubungan
dengan: (a) penggunaan Layanan dan Platform oleh Anda dalam transaksi Anda
dengan Pelanggan, Merchant, penyedia, mitra, pemasang iklan dan/atau
sponsor, atau (b) pelanggaran oleh Anda terhadap Ketentuan Layanan, syarat
dan ketentuan pihak ketiga, atau Hukum Yang Berlaku, baik yang dirujuk di
dalam Ketentuan Layanan ini maupun yang tidak, atau (c) pelanggaran oleh
Anda terhadap hak pihak ketiga, termasuk Pelanggan, melalui Layanan, atau
(d) penggunaan atau penyalahgunaan Layanan dan/atau Platform oleh Anda;
dan (e) jika relevan, kepemilikan, penggunaan, atau pengoperasian Kendaraan
oleh Anda, termasuk penyediaan Layanan Pengantaran oleh Anda kepada
Pelanggan melalui Layanan.
BAGIAN 13: SANGKALAN JAMINAN
13.1. foodmedia tidak membuat pernyataan, jaminan atau garansi mengenai
keandalan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi, atau
kelengkapan Layanan atau Platform. foodmedia tidak menyatakan atau
menjamin bahwa (a) penggunaan Layanan atau Platform akan aman, bebas dari
gangguan, error atau komponen berbahaya lainnya, atau beroperasi bersamasama dengan perangkat keras, perangkat lunak, sistem atau data lainnya, (b)
Layanan atau Platform akan sesuai dengan kebutuhan atau harapan Anda, (c)
setiap data yang disimpan adalah akurat atau otentik, atau (d) kualitas produk,
layanan, informasi, atau materi lain yang dibeli atau didapatkan oleh Anda
melalui Platform akan sesuai dengan kebutuhan atau harapan Anda. Layanan
disediakan untuk Anda semata-mata “sebagaimana adanya”. Semua ketentuan,
pernyataan dan jaminan, termasuk jaminan tersirat mengenai kelayakan jual,
keselarasan untuk tujuan tertentu, atau ketiadaan pelanggaran terhadap hak
pihak ketiga, dengan ini dikecualikan, sejauh hal tersebut diizinkan oleh
undang-undang.
13.2. Jika relevan, peran foodmedia sebagai agen pengumpul semata-mata
bersifat rutin dan administratif, dan foodmedia tidak memiliki kewajiban kepada
Anda untuk bertindak dalam kehati-hatian (duty of care) atau untuk
melaksanakan kewajiban dan tanggung jawabnya dengan itikad baik (fiduciary
duty).
BAGIAN 14: TANGGUNG JAWAB ANDA
14.1. Anda bertanggung jawab penuh atas keputusan yang Anda buat untuk
menggunakan Platform dalam menyediakan Layanan Pengantaran. Anda
bertanggung jawab secara penuh atas setiap kerugian dan/atau klaim yang
timbul dari penggunaan Platform untuk penyediaan Layanan Pengantaran, baik
oleh Anda atau pihak lain, dengan cara yang bertentangan dengan Ketentuan
Layanan ini atau Hukum Yang Berlaku, termasuk namun tidak terbatas untuk
tujuan anti pencucian uang, anti pendanaan terorisme, aktivitas kriminal,
penipuan dalam bentuk apapun (termasuk namun tidak terbatas pada kegiatan
phishing dan/atau social engineering), pelanggaran hak kekayaan intelektual,
dan/atau aktivitas lain yang merugikan Kami, publik dan/atau pihak lain
manapun atau yang dapat atau dianggap dapat merusak reputasi Kami.
14.2. Anda secara tegas membela, mengganti rugi, membebaskan Kami dan
Afiliasi Kami, termasuk namun tidak terbatas pada, pejabat, direktur,
komisaris, karyawan dan agen Kami, dari setiap dan semua kewajiban,
konsekuensi, kerugian baik materiil atau immateriil, dari segala macam
tuntutan,biaya-biaya (termasuk biaya advokat), gugatan, tanggung jawab
hukum atau tindakan hukum lainnya baik dalam sebuah gugatan perdata
maupun setiap tuntutan pidana yang dialami oleh Anda, yang timbul atau
mungkin timbul dalam hal atau sehubungan dengan:
a. pelanggaran Anda terhadap Ketentuan Layanan ini atau Hukum Yang
Berlaku;
b. pelaksanaan Layanan Pengantaran oleh Anda;
c. penggunaan Layanan foodmedia oleh Anda;
d. setiap kewajiban perpajakan, tuntutan dan/atau denda yang dibebankan
kepada Anda dan/atau kepada Kami atau Afiliasi Kami sehubungan dengan
pendapatan Anda yang muncul karena pelaksanaan Layanan Pengantaran atau
yang muncul karena kesalahan atau kelalaian Anda untuk patuh terhadap
kewajiban perpajakan Anda;
e. setiap klaim atau gugatan apapun yang menyatakan dan/atau mendasarkan
bahwa Anda adalah seorang karyawan, pekerja, agen atau perwakilan dari Kami
atau Afiliasi Kami, setiap klaim atau gugatan dari pihak lain, badan hukum,
regulator, otoritas pemerintah, yang mendasarkan pada hubungan
ketenagakerjaan, agensi atau perwakilan, termasuk namun tidak terbatas pada,
sehubungan dengan upah, pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan ataupun
Kesehatan, dana pensiun, dan atau kewajiban pembayaran lain yang diatur
dalam Hukum Yang Berlaku;
f. kesalahan penafsiran dan/atau ketidaksepahaman Anda sehubungan dengan
Tarif Layanan Pengantaran, Biaya Pelanggan, Biaya Layanan foodmdia,
dan/atau pembayaran atas kegiatan promosi sebagaimana diatur dalam
Ketentuan Layanan ini atau Hukum Yang Berlaku.
Sehubungan dengan hal ini dan tunduk pada Ketentuan Layanan ini, Kami
dapat melakukan penyesuaian, termasuk pemotongan, terhadap Saldo Mitra
Pengemudi.
BAGIAN 15: KETERLAMBATAN PADA JARINGAN INTERNET
15.1. Layanan dan/atau platform rentan terhadap pembatasan, kelambatan,
dan masalah lain yang melekat dalam penggunaan internet dan komunikasi
elektronik, termasuk dalam hal perangkat yang digunakan oleh anda atau
pelanggan rusak, tidak terhubung, berada diluar jangkauan, dimatikan atau
tidak berfungsi. foodmedia tidak bertanggung jawab atas setiap keterlambatan,
kegagalan pengantaran, atau kerugian yang diakibatkan oleh masalah-masalah
tersebut.
BAGIAN 16: JANGKA WAKTU, PENANGGUHAN, DAN PENGAKHIRAN
16.1. Ketentuan Layanan ini akan berlanjut sampai diakhiri sesuai dengan
ketentuan yang diatur di dalamnya.
16.2. Mitra Pengemudi memahami bahwa dalam hal Mitra Pengemudi
melakukan pelanggaran-pelanggaran atas Ketentuan Layanan ini, dan/atau
melakukan tindakan-tindakan yang berpotensi melanggar ketentuan hukum
dan/atau peraturan perundang-undangan, maka Kami, dapat menangguhkan
akun Mitra Pengemudi sehingga Mitra Pengemudi tidak dapat memberikan
Layanan sampai dengan jangka waktu tertentu yang telah kami tetapkan sesuai
dengan jenis pelanggaran yang dilakukan Mitra Pengemudi.
16.3. Tanpa mengenyampingkan ketentuan di dalam Pasal 16.2 di atas, dalam
hal Perusahaan menemukan bahwa:
a. Mitra Pengemudi telah secara jelas dengan bukti-bukti yang cukup terbukti
melanggar Ketentuan Layanan ini, termasuk Kebijakan Perusahaan;
b. Mitra Pengemudi melanggar perjanjian lain dengan Kami, Afiliasi Kami atau
pihak ketiga lainnya (dan/atau Afiliasinya) yang bekerjasama dengan kami
untuk menyediakan barang dan/atau jasa kepada Mitra Pengemudi dan/atau
Pelanggan;
c. Mitra Pengemudi mengalami kondisi dimana Mitra Pengemudi tidak bisa
beraktifitas kembali untuk jangka waktu yang lama;
d. Kami cukup yakin bahwa Mitra Pengemudi melakukan pelanggaran serius,
termasuk namun tidak terbatas pada tindakan yang mengancam keselamatan
Pengguna, tindakan yang bersifat asusila, dan/atau tindakan-tindakan yang
dapat diancam dengan hukuman pidana;
e. telah terjadi peristiwa di luar kendali yang berdampak pada Layanan
Perusahaan, atau apabila terdapat suatu peristiwa lain, kejadian, keadaan, yang
menurut pertimbangan Perusahaan, selama diizinkan oleh hukum dan
peraturan perundang-undangan, bisa membuat Perusahaan mengambil
keputusan untuk mengakhiri Ketentuan Layanan ini maka Kami dapat:
(i) menghentikan pengoperasian akun Mitra Pengemudi tanpa mengurangi
hak dan pemulihan foodmedia lainnya berdasarkan hukum; dan/atau
(ii) mengakhiri Ketentuan Layanan ini, dengan pemberitahuan kepada Mitra
Pengemudi.
16.4. Pada saat pengakhiran atau kadaluwarsa sebagaimana diatur dalam
Ketentuan Layanan ini, Mitra Pengemudi harus:
a. Segera menghapus sepenuhnya aplikasi Platform dari perangkat seluler Mitra
Pengemudi;
b. Segera berhenti menggunakan Layanan foodmedia dalam kedudukan sebagai
Mitra Pengemudi;
c. Tidak akan menggunakan atribut foodmedia untuk keperluan apapun; dan
d. Segera, menyelesaikan kewajiban pembayaran uang apapun yang terutang
kepada foodmedia, Afiliasi kami dan/atau atau pihak ketiga lainnya (dan/atau
Afiliasinya) yang bekerjasama dengan kami untuk menyediakan barang
dan/atau jasa kepada Mitra Pengemudi dan/atau Pelanggan (yang akan segera
jatuh tempo dan dibayarkan pada saat berakhirnya Ketentuan Layanan ini dan
perjanjian lainnya sebagaimana relevan) sesuai dengan Kebijakan Perusahaan
(dan, untuk tujuan ini, Kami mencadangkan hak foodmedia untuk memotong
jumlah yang relevan dari Saldo Mitra Pengemudi Anda sebagaimana diatur
dalam Pasal 5 Ketentuan Layanan ini).
16.5. Apabila pada saat berakhirnya Ketentuan Layanan ini masih terdapat hak
dan kewajiban yang belum diselesaikan oleh masing-masing Mitra Pengemudi
dan/atau Perusahaan, maka ketentuan-ketentuan terkait dalam Ketentuan
Layanan ini tetap berlaku dan mengikat sampai dengan diselesaikannya hak
dan kewajiban tersebut oleh masing-masing Mitra Pengemudi dan/atau
Perusahaan. Ketentuan lain dalam Ketentuan Layanan ini yang dimaksudkan
untuk tetap berlaku juga akan tetap berlaku dan mengikat Mitra Pengemudi
meskipun Ketentuan Layanan ini telah kadaluwarsa atau berakhir.
16.6. Masing-masing Mitra Pengemudi dan Perusahaan sepakat untuk
mengesampingkan ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum
Perdata yang mensyaratkan diperlukannya penetapan atau putusan badan
peradilan apapun untuk mengakhiri Ketentuan Layanan ini.
BAGIAN 17: BATASAN TANGGUNG JAWAB
17.1. Kecuali dinyatakan lain, dan jika di izinkan oleh hukum yang berlaku,
kalim terhadap perusahaan oleh anda tidak akan melebihi jumlah agregat dari
seluruh jumlah actual yang dibayarkan dan/atau terhutang oleh anda dalam
memanfaatkan layanan foodmedia selama peristiwa yang menimbulak klaim
tersebut. Foodmedia dan/atau pemberi lisensi tidak bertanggung jawab atas
setiap kerugian atau cidera yang mungkin dipikul oleh anda atau ditimbulkan
oleh anda bagi anda atau pelanggan, termasuk, namun tidak terbatas pada :
17.1.1. Kerugian atau cidera yang timbul dari, atau yang dengan cara
apapun berhubungan dengan layanan foodmedi atau platform.
17.1.2. Penggunaaan atau ketidak mampuan untuk menggunakan layanan
foodmedia, layanan dan/atau perangkat lunak.
17.1.3. Sebagai akibat dari hubungan atau transaksi antara anda dan
pelanggan, Merchant, pemasang iklan atau sponsor yang iklannya muncul
di platform atau yang dirujuk oleh layanan foodmedia, layanan perangkat
lunak, bahkan jika foodmedia, atau pemberi lisensinya telah diberitahu
sebelumnya mengenai kemungkinan krugian tersebut.
17.2. foodmedia tidak menjamin atau memnyatakan bahwa foodmedia menilai
atau memantau kesesuaian, legalitas, kemampuan pergerakan, atau lokasi
pelanggan, dan anda secara tegas melepaskan dan membebaskan foodmedia
dari setiap dan semua tanggung jawab yang timbul, klaim atau ganti rugi yang
timbulk dari, atau yang dengan cara apapun berkaitan dengan pelanggan atau
merchant.
17.3. foodmedia tidak akan menjadikan pihak dalam perselisihan atau
perundingan perselisihan antara pihak anda dan pelanggan atau merchant..
BAGIAN 18: PEMBERITAHUAN
18.1. Perusahaan dapat menyampaikan pemberitahuan melalui Platform, surat
elektronik ke alamat surel Anda yang ada dalam catatan Perusahaan, atau
komunikasi tertulis yang dikirimkan melalui surat tercatat atau pos ke alamat
Anda yang ada dalam catatan Perusahaan. Pemberitahuan tersebut akan
dianggap telah disampaikan 48 jam setelah pengiriman atau pengeposan (jika
dikirimkan melalui surat tercatat atau pos), atau 1 jam setelah pengiriman (jika
dikirimkan melalui surel). Anda dapat menyampaikan pemberitahuan kepada
Perusahaan (pemberitahuan mana akan dianggap telah disampaikan saat
diterima oleh Perusahaan) dengan metode dan rincian kontak yang disediakan
di Platform.
18.2. Untuk kepentingan pengembangan keterampilan Mitra Pengemudi,
Perusahaan akan menyelenggarakan pelatihan dan pengembangan untuk Mitra
Pengemudi secara berkala dan terjadwal, dan akan memberitahukannya kepada
Mitra Pengemudi melalui kanal pemberitahuan yang dimiliki oleh Perusahaan.
BAGIAN 19: PENGALIHAN
19.1. Kecuali dinyatakan lain dalam Ketentuan Layanan ini, Ketentuan Layanan
ini, sebagaimana diubah dari waktu ke waktu, tidak dapat dialihkan oleh Anda
tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Perusahaan, namun dapat
dialihkan oleh Perusahaan tanpa persetujuan Anda. Setiap upaya pengalihan
oleh Anda yang melanggar bagian ini adalah tidak sah.
BAGIAN 20: PENYELESAIAN PERSELISIHAN
20.1. Ketentuan Layanan ini diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum
Republik Indonesia tanpa memandang pertentangan di antara ketentuan
hukum yang ada di dalamnya. Kecuali jika disyaratkan lain oleh Hukum Yang
Berlaku, setiap perselisihan, pertentangan, klaim atau perbedaan apa pun yang
timbul dari atau sehubungan dengan Ketentuan Layanan ini terhadap atau
terkait Perusahaan harus diserahkan kepada, dan diselesaikan secara final
melalui arbitrase di Indonesia sesuai dengan Aturan Badan Arbitrase Nasional
Indonesia (BANI), yang didirikan pada 30 November 1977 berdasarkan
Keputusan Kamar Dagang Indonesia No. SKEP/152/DPH/1977, yang berlaku
pada saat itu, aturan mana kata demi katanya dianggap dimasukkan dalam
Bagian ini. Arbitrase akan diselenggarakan oleh satu (1) orang arbitrer, dan
bahasa arbitrase adalah bahasa Indonesia.
BAGIAN 21: UMUM
21.1. Tidak ada satu ketentuan pun dalam Ketentuan Layanan ini yang dapat
ditafsirkan sebagai penciptaan keagenan, kemitraan, atau bentuk usaha
bersama lainnya dengan foodmedia.
21.2. Jika terdapat ketentuan dalam Ketentuan Layanan ini yang dianggap
tidak sah atau tidak dapat diberlakukan, legalitas, validitas, dan keberlakuan
ketentuan lain dalam Ketentuan Layanan ini tidak akan terpengaruh atau
terganggu.
21.3. Kegagalan foodmedia untuk melaksanakan hak atau ketentuan apapun
dalam Ketentuan Layanan tidak dapat dianggap sebagai penyampingan
terhadap hak atau ketentuan tersebut.
21.4. Ketentuan Layanan ini merupakan keseluruhan kesepakatan antara Anda
dan foodmedia sehubungan dengan hal-hal yang diatur dalam Ketentuan
Layanan ini, dan menggantikan setiap negosiasi atau perundingan yang
diadakan sebelumnya atau yang diadakan bersamaan dengan negosiasi atau
perundingan Ketentuan Layanan ini.
21.5. Kecuali ditentukan sebaliknya dalam Ketentuan Layanan ini, Anda setuju
bahwa kami berhak, tanpa pemberitahuan, sewaktu-waktu melakukan hal-hal
di bawah ini:
a. memodifikasi, menangguhkan, atau menghentikan pengoperasian atau akses
ke Platform, atau bagian mana pun dari Platform (termasuk akses ke akun Anda
dan/atau ketersediaan produk atau layanan), dengan alasan apa pun;
b. memodifikasi atau mengubah kebijakan atau ketentuan yang berlaku,
termasuk namun tidak terbatas pada Ketentuan Layanan ini, Kebijakan
Perusahaan, dan Kode Etik Mitra Pengemudi; dan
c. menginterupsi pengoperasian Platform atau bagian mana pun dari Platform
(termasuk akses ke akun Anda dan/atau ketersediaan produk atau layanan),
sebagaimana diperlukan untuk melakukan pemeliharaan rutin atau non-rutin,
pengoreksian kesalahan, atau perubahan lainnya. Kami tidak diwajibkan untuk
memberikan kompensasi kepada Anda atas penangguhan atau penghentian apa
pun.
21.6. Kecuali bagi para pihak yang dijamin dari kerugian sesuai dengan
ketentuan penggantian kerugian sebagaimana diatur dalam Ketentuan Layanan
ini, Ketentuan Layanan ini tidak memberikan hak kepada pihak ketiga mana
pun yang bukan merupakan pihak dalam Ketentuan Layanan ini.
21.7. Ketentuan Layanan ini disediakan dalam Bahasa Indonesia.
Saya telah membaca seluruh ketentuan layanan dengan seksama, memahami,
dan memberikan persetujuan saya atas setiap ketentuan yang tercantum di
dalam layanan, berikut setiap perubahan yang mungkin dibuat atas ketentuan
layanan di kemudian hari.
Dengan ini saya menyatakan saya memberikan persetujuan saya untuk menjadi
mitra pengemudi dan terikat dengan ketentuan layanan dengan (I)
Menandatangani surat pernyataan persetujuan ketenytuan layanan dan kode
etik mitra pengemudi atau (II) dalam hal karena alas an logistik surat
pernyataan persetujuan. Ketentuan layanan dan kode etik mitra pengemudi
belum saya tnda tangani secara fisik, maka dengan menerima pesanan dan
mengantarkan produk yang ada di platform kami melalui layanan foodmedia,
persetujjuan saya dianggap telah saya berikan kepada foodmedia.
Persyaratan Layanan Merchant
Persyaratan Layanan Merchant
- SETTLEMENT
- foodmedia akan memotong Biaya Layanan (termasuk PPN) yang menjadi hak foodmedia dan biaya-biaya lainnya (apabila ada) dari dana Transaksi.
- Selain Biaya Layanan sebagaimana disebut pada ayat (1) di atas, foodmedia akan memotong biaya penarikan sebesar Rp 2.000 (dua ribu Rupiah) (termasuk PPN) dari dana Transaksi (“Biaya Penarikan”) untuk Merchant yang menggunakan rekening bank PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (Mandiri) sebagai rekening pilihan untuk pembayaran Dana Settlement, selain menggunakan rekening Bank lain selain bank tersebut akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 6.000,- (sebagaimana didefinisikan di bawah ini). foodmedia memiliki hak untuk mengubah Biaya Penarikan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Merchant dan Merchant akan dianggap menyetujui perubahan tersebut dengan tetap menggunakan Layanan.
- Sisa dana Transaksi setelah dipotong sebagaimana tersebut di atas (“Dana Settlement”) akan dibayarkan foodmedia dalam waktu D+1 (satu) Hari Kerja dengan cara mentransfer jumlah tersebut ke rekening bank Merchant yang informasinya diberikan oleh Merchant secara terpisah dalam Formulir Pendaftaran Merchant foodmedia.
- Sehubungan dengan pembayaran Dana Settlement sebagaimana disebut pada ayat (3) di atas, Merchant yang menggunakan bank di luar Mandiri dan sebagai rekening pilihan untuk pembayaran Dana Settlement wajib memiliki saldo dan melakukan penarikan minimal Rp 50.000 (lima puluh ribu Rupiah) pada Akun Merchant (Merchant Account) sebelum foodmedia dapat mentransfer Dana Settlement kepada rekening bank pilihan Merchant dengan mengenakan Biaya Penarikan sebagaimana disebut di atas.
- foodmedia akan mengirimkan laporan harian yang berisikan (i) Transaksi yang terjadi 1 (satu) hari sebelumnya, (ii) pembayaran Dana Settlement 2 (dua) hari sebelumnya, dan (iii) penyesuaian (adjustment) Akun Merchant (apabila ada), ke alamat e-mail yang terdaftar atau cara lain yang ditentukan oleh foodmedia.
- foodmedia akan menerbitkan tagihan (invoice) untuk digunakan oleh Merchant untuk mengklaim Pajak Penghasilan Pasal 23 atas Biaya Layanan, jika ada, untuk dikirimkan melalui email atau cara lain yang ditentukan oleh foodmedia kepada Merchant terkait dengan Biaya Layanan yang dipotong dari dana Transaksi.
- SENGKETA ATAS SETTLEMENT
- Jika Merchant tidak menyetujui perhitungan di atas, Merchant dapat mengajukan keberatan secara tertulis dalam waktu 7 (tujuh) Hari Kerja atas perhitungan tersebut setelah Dana Settlement ditransfer.
- foodmedia akan menanggapi keberatan tersebut dalam waktu 5 (lima) Hari Kerja sejak diterimanya pemberitahuan tersebut dan Para Pihak harus melakukan rekonsiliasi dan mencapai kesepakatan bersama.
- Data foodmedia bersifat konklusif.
- foodmedia berwenang untuk melakukan entri debet atau kredit ke Akun Merchant setiap saat dengan pemberitahuan tertulis kepada Merchant, kecuali diatur sebaliknya oleh Hukum Yang Berlaku, termasuk untuk memperbaiki kesalahan untuk tujuan rekonsiliasi.
- Jika foodmedia tidak dapat mendebet Akun Merchant, foodmedia berwenang untuk mengajukan ulang debit, ditambah biaya yang berlaku, ke rekening bank yang Merchant gunakan untuk melakukan Transaksi dan/atau instruksi terkait atau instrumen pembayaran yang Merchant miliki dengan foodmedia, atau melakukan penagihan secara langsung dengan cara menerbitkan tagihan kepada Merchant yang harus dibayarkan kepada foodmedia dalam jangka waktu 3 (tiga) hari sejak tanggal tagihan.
- TERKAIT PAJAK
- Apabila Merchant hendak mendapatkan Faktur Pajak, Merchant wajib mengisi Formulir Permohonan Faktur Pajak (“Formulir”) yang tersedia pada tautan berikut ini:………, secara benar, lengkap, dan akurat. Informasi yang dimasukkan Merchant di dalam Formulir tersebut dapat dipakai oleh foodmedia sejak tanggal informasi tersebut diajukan di dalam Formulir dan tidak berlaku surut.
- Jika Merchant tidak mengisi Formulir tersebut maka foodmedia tidak akan menerbitkan Faktur Pajak standar kepada Merchant. Sebaliknya foodmedia akan menerbitkan Faktur Pajak dengan cara digunggung sebagaimana diatur dalam ketentuan perpajakan yang berlaku. Merchant setuju untuk membebaskan foodmedia dari kewajiban menyerahkan dokumen faktur pajak yang telah diterbitkan jika Merchant tidak mengisi Formulir.
- Jika ada perbedaan antara informasi yang ditulis oleh Merchant di dalam Formulir dengan dokumen yang diunggah oleh Merchant, foodmedia berhak untuk menggunakan hanya informasi yang ditulis oleh Merchant di dalam Formulir.
- Setelah Merchant mengisi Formulir sebagaimana dimaksud di atas, foodmedia akan menerbitkan Faktur Pajak, untuk dikirimkan melalui email atau cara lain yang ditentukan oleh foodmedia kepada Merchant, untuk memungut PPN yang berlaku sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku. foodmedia akan melakukan verifikasi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang telah ditulis oleh Merchant di dalam Formulir melalui sistem uploader efaktur. NPWP yang tidak berhasil diverifikasi oleh sistem uploader efaktur tidak akan digunakan di dalam faktur pajak yang diterbitkan oleh foodmedia. foodmedia tidak berkewajiban untuk memberitahukan atau melakukan konfirmasi ulang kepada Merchant atas NPWP yang tidak berhasil diverifikasi tersebut.
- Biaya Layanan dikenakan PPh Pasal 23 berdasarkan ketentuan perpajakan yang berlaku. Melalui mekanisme reimbursement, foodmedia akan melunasi PPh Pasal 23 yang terutang setelah Merchant memberikan bukti potong PPh kepada foodmedia.
- Apabila terdapat perubahan terhadap informasi dan dokumen yang Merchant berikan melalui Formulir, Merchant wajib melaporkan perubahan data Merchant melalui ……. dengan segera sehingga data Merchant selalu dalam kondisi benar, lengkap dan akurat. Perubahan informasi akan berlaku sejak tanggal data tersebut dilaporkan dan diterima oleh foodmedia dan tidak berlaku surut. Faktur Pajak yang diterbitkan oleh foodmedia kepada Merchant akan merujuk kepada informasi Merchant yang tertera di dalam Formulir pada saat dokumen tersebut diterbitkan. foodmedia tidak berkewajiban untuk mengubah atau membetulkan informasi Merchant di dalam faktur pajak, setelah faktur pajak tersebut diterbitkan.
- Merchant setuju untuk membebaskan dan memberikan ganti rugi kepada foodmedia dari dan atas seluruh klaim, tindakan, proses peradilan, atau tuntutan ganti rugi dari pihak manapun dan dalam bentuk apapun yang mungkin timbul atas penerbitan Faktur Pajak sebagaimana disebutkan pada No. 2 atau dikarenakan informasi yang disampaikan Merchant melalui Formulir, yang tidak benar, menyesatkan, dan keliru.
- Dengan mengisi Formulir, mendaftar, mendata (termasuk mendaftar dan mendata kembali), melakukan transaksi melalui Platform, menggunakan Platform, mengakses Platform, atau bertransaksi dengan foodmedia, Merchant telah menerima dan memberikan persetujuan yang tidak dapat dicabut kembali untuk mengadakan perjanjian yang mengikat dengan foodmedia atas Syarat dan Ketentuan terkait perpajakan yang tercantum dalam laman ini, yang berlaku sejak Merchant pertama kali mengakses Platform ini.
- POINT OF SALES MATERIALS (POSM)
- foodmedia dapat menyediakan Point of Sales Materials (“POSM”) kepada Merchant untuk ditampilkan oleh Merchant di Outlet Merchant.
- Dalam hal foodmedia mendapatkan adanya kekurangan pada penampilan POSM, foodmedia berhak untuk menambah POSM pada Outlet Merchant sesuai dengan standar foodmedia.
- Merchant wajib menyimpan dan memelihara aset POSM yang telah didistribusikan oleh foodmedia.
- KEBIJAKAN PROMOSI
- Merchant dapat ikut serta dalam Program Diskon SKU (“Program Diskon SKU”) dimana Merchant dapat memberikan potongan harga atas Produk tertentu yang ditampilkan di Platform foodmedia. Program Diskon SKU tersebut sepenuhnya ditanggung oleh Merchant.
- Produk yang terkait dengan harga yang telah dipotong akan ditampilkan pada Platform foodmedia dalam jangka waktu 7 Hari Kerja sejak permohonan Merchant untuk berpartisipasi dalam Program Diskon SKU diterima oleh foodmedia.
- Setiap Merchant hanya dapat mengajukan permohonan untuk berpartisipasi dalam Program Diskon SKU maksimal 3 (tiga) kali setiap bulannya.
- Minimal diskon yang dapat diaplikasikan oleh Merchant untuk Program Diskon SKU adalah 10% (sepuluh persen) untuk setiap Produk.
- Untuk menghindari keraguan, pada saat periode peluncuran, Program Diskon SKU tersebut hanya dapat berlaku untuk menu yang sudah ada dan tidak berlaku untuk menu spesial promosi yang baru.
- KEBIJAKAN EDC
- Jika foodmedia menyediakan mesin Electronic Data Capture (“EDC”) kepada Merchant sehubungan dengan kerja sama penyediaan layanan platform pemesanan dan pengantaran makanan di Platform foodmedia yang disediakan oleh foodmedia (“Layanan foodmedia”), maka mesin EDC tersebut hanya dipinjamkan kepada Merchant selama periode Merchant bekerja sama dengan foodmedia dalam Layanan foodmedia berdasarkan perjanjian antara Merchant dan foodmedia (“Perjanjian”).
- Mesin EDC dipinjamkan oleh foodmedia kepada Merchant tanpa biaya apapun kecuali dalam hal mesin EDC hilang atau rusak sebagaimana diatur dalam bagian D.9 di bawah.
- foodmedia akan melakukan pemasangan dan berhak melakukan pengecekan dan pemeliharaan (maintenance) mesin EDC pada saat kapanpun sesuai dengan kebijakan foodmedia sendiri dengan pemberitahuan sebelumnya kepada Merchant.
- foodmedia akan memberikan pelatihan kepada Merchant atau pegawai Merchant mengenai cara mengoperasikan mesin EDC pada jadwal yang disepakati oleh Merchant dan foodmedia.
- foodmedia akan memberikan dukungan teknis dan operasional terkait dengan mesin EDC sesuai dengan kebijakan foodmedia sendiri, termasuk namun tidak terbatas kepada pasokan gulungan kertas thermal dan sambungan dan kuota internet untuk mesin EDC untuk digunakan hanya untuk keperluan transaksi Layanan foodmedia dan foodmedia berhak memonitor penggunaan mesin EDC dan hal-hal tersebut pada kapan saja.
- Mesin EDC harus ditempatkan di tempat/lokasi yang telah disepakati antara Merchant dan foodmedia dan Merchant dilarang untuk memindahkan mesin EDC tersebut ke tempat/lokasi lain tanpa persetujuan sebelumnya dari foodmedia.
- Tanpa mengesampingkan hak foodmedia dalam bagian D.3 di atas, Merchant harus memelihara dan menjaga keamanan dan keutuhan mesin EDC untuk menjaganya dalam keadaan baik pada setiap saat.
- Merchant dilarang membongkar, memodifikasi, dan/atau merusak setiap dan seluruh bagian komponen mesin EDC.
- Apabila mesin EDC hilang dan/atau rusak oleh karena sebab apapun termasuk namun tidak terbatas disebabkan oleh perbuatan Merchant sebagaimana tercantum dalam bagian D.8 di atas namun bukan karena keadaan kahar (force majeure) yang dapat dibuktikan kepada dan diterima oleh foodmedia, maka Merchant harus membayar biaya penggantian / denda kepada foodmedia sebesar Rp3.000.000 (tiga juta Rupiah), belum termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN). foodmedia akan membebankan dan menagihkan PPN kepada Merchant dengan cara menerbitkan faktur pajak kepada Merchant.
- foodmedia berhak untuk memotong biaya penggantian / denda dalam bagian D.9 di atas dari Akun Merchant (sebagaimana didefinisikan dalam Perjanjian) atau menagih langsung kepada Merchant, sebagaimana sesuai menurut Shopee.
- Dalam hal Merchant tidak lagi bekerja sama dalam Layanan foodmedia atau berakhirnya Perjanjian, maka Merchant berkewajiban untuk dengan segera atau dalam waktu yang ditentukan oleh foodmedia, mengembalikan mesin EDC kepada foodmedia dalam kondisi baik.
- KONTEN PADA MENU MERCHANT
- foodmedia memiliki hak untuk mengkaji dan memverifikasi Produk yang disampaikan oleh Merchant untuk ditampilkan di Platform foodmedia. Merchant wajib menyediakan gambar menu Produk untuk ditampilkan pada Platform foodmedia Dalam hal, Merchant gagal untuk memberikan foodmedia informasi yang tepat sehubungan dengan konten menu Merchant atau logo Merchant, maka foodmedia berhak untuk menggunakan gambar apapun yang tersedia untuk foodmedia sehubungan dengan Merchant dan Produk Merchant.
- Berdasarkan hasil kajian, foodmedia akan memutuskan apakah Produk dapat ditampilkan di Platform foodmedia atau tidak.
- Produk yang tidak dapat ditampilkan di Platform foodmedia adalah, antara lain, makanan dan minuman yang tidak lazim atau tidak layak dikonsumsi oleh masyarakat luas berdasarkan pertimbangan dan kebijakan foodmedia.
- Selain menjual makanan dan minuman, Merchant dapat menjual barang-barang yang dimaksudkan sebagai alat bantu makan dan minum dan/atau pembelian atau pengantaran Produk pada Platform foodmedia, yang mana barang-barang tersebut juga dikategorikan sebagai Produk yang akan dikaji dan diputuskan oleh foodmedia untuk dapat ditampilkan di Platform foodmedia atau tidak.
- Merchant dapat mengecek daftar Produk yang tidak boleh ditampilkan dan dijual pada Layanan foodmedia, Produk selain makanan dan minuman yang dapat dijual pada Layanan foodmedia.
- Merchant dapat mengajukan permohonan untuk merubah nama kategori dan nama Menu. foodmedia memiliki hak untuk memverifikasi perubahan tersebut untuk ditampilkan di Platform foodmedia
- Dalam hal Merchant mengajukan permohonan untuk menambah dan/atau mengubah kategori dan/atau menu Merchant pada Platform foodmedia yang melibatkan minuman beralkohol yang diharuskan oleh peraturan untuk memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan Minuman Beralkohol (“SIUP-MB”), Merchant harus memberikan salinan SIUP-MB Merchant kepada Shopee pada saat permohonan tersebut. Merchant berkewajiban memastikan bahwa SIUP-MB yang dimiliki tetap berlaku dan berkewajiban untuk memberikan kepada Shopee salinan SIUP-MB Merchant yang baru/berlaku apabila masa berlaku SIUP-MB Merchant telah berakhir (sebagaimana relevan).
- Persetujuan foodmedia terhadap perubahan dan/atau penambahan kategori dan/atau menu Merchant pada Platform foodmedia sehubungan dengan minuman beralkohol akan bergantung pada diberikannya salinan SIUP-MB oleh Merchant kepada foodmedia yang dianggap memadai oleh foodmedia
- Perubahan atau penambahan konten pada Platform foodmedia harus mengikuti kebijakan foodmedia yang tertera pada SOP Merchant ini atau melalui tautan sebagaimana dimaksud dalam butir G.5 di atas.
- Apabila pengajuan perubahan atau penambahan tersebut disetujui oleh foodmedia, Merchant dapat melihat perubahan pada Platform foodmediadalam waktu 5 (lima) Hari Kerja dari tanggal pengajuan dikirimkan oleh Merchant.
- Dalam hal Menu yang sudah terdaftar sebelumnya pada Platform foodmedia sudah tidak dijual lagi, Merchant dapat mematikan opsi menu tersebut pada Aplikasi foodmedia Merchant atau meminta foodmedia untuk menghapus menu tersebut.
- KEBIJAKAN TERKAIT PERMOHONAN DAN PENGAJUAN KEBERATAN PENGEMBALIAN DANA
- Merchant dapat (dengan tunduk pada ketentuan di Pasal H ini) memberikan pengembalian dana kepada Pelanggan melalui Platform foodmedia dalam keadaan-keadaan tertentu, termasuk namun tidak terbatas pada, ketika Produk yang salah telah dikirimkan kepada Pelanggan, atau jika Pesanan hanya terpenuhi sebagian, maka Pelanggan dapat mengajukan pengembalian dana.
- Merchant setuju dan mengerti bahwa: a. seluruh permintaan dan pemrosesan pengembalian dana hanya dapat dilakukan melalui aplikasi foodmedia dengan menekan tombol yang disediakan untuk pengembalian dana; b. Merchant tidak diperbolehkan untuk mengembalikan dana secara langsung kepada Pelanggan dalam bentuk apapun, baik dalam bentuk pemberian uang tunai langsung kepada Pelanggan, kesepakatan melalui Mitra Pengemudi, dan/atau pemberian penggantian Produk baru. Merchant menyatakan dan menyetujui bahwa seluruh pengembalian dana terkait dengan kegagalan pemenuhan Pesanan, baik secara keseluruhan maupun sebagian, akan dilakukan pada aplikasi foodmedia dan foodmedia akan memotong saldo pada Akun Merchant untuk tujuan pengembalian dana.
- Khusus untuk Merchant tertentu yang telah ditentukan oleh foodmedia, Merchant tersebut dapat menjalankan proses pengembalian dana langsung dengan cara foodmedia memberikan nomor kontak Merchant kepada Pelanggan. foodmedia akan memberitahukan Merchant apabila Merchant termasuk dalam kategori Merchant yang dapat melakukan pengembalian dana langsung kepada Pelanggan. Apabila Merchant tidak termasuk Merchant tertentu tersebut, maka ketentuan di dalam ayat (3) ini tidak berlaku dan seluruh pengembalian dana wajib dilakukan melalui aplikasi foodmedia sesuai dengan ketentuan pada ayat (2) di atas.
- foodmedia memiliki kewenangan tunggal dan absolut untuk melakukan investigasi permintaan pengembalian dana dan untuk memutuskan apakah permohonan tersebut disetujui atau ditolak dan Merchant setuju bahwa Merchant akan terikat pada keputusan foodmedia tersebut.
- Merchant memahami bahwa: a. foodmedia akan mengirimkan e-mail terkait permintaan pengembalian dana dari Pelanggan terkait Pesanan kepada Merchant. b. Setelah e-mail dikirimkan oleh foodmedia, Merchant memiliki waktu 2×24 jam untuk mengajukan permohonan keberatan pengembalian dana dengan cara membalas email customer service foodmedia dan memberikan klarifikasi lebih lanjut terkait penyesuaian penolakan pengembalian dana tersebut. c. Apabila dalam waktu 2×24 jam setelah e-mail yang dimaksud di dalam poin (a) Merchant tidak memberikan tanggapan dan tidak mengajukan permohonan keberatan atas permintaan pengembalian dana, maka Merchant akan dianggap telah menyetujui jumlah pengembalian dana.
- KEBIJAKAN PEMBATALAN PESANAN
Merchant tidak dapat melakukan pembatalan atas Pesanan yang diterima.
PERJANJIAN KERJASAMA UNTUK PEMASARAN ATAU AGEN
ATAU BD PT ASIA KREASI MANDIRI (FOODMEDIA)
BACA DAN PAHAMILAH SELURUH PERJANJIAN KERJASAMA PT ASIA
KREASI MANDIRI SECARA TELITI DAN MENYELURUH SEBELUM
MENJADI AGEN ATAU BD PT ASIA KREASI MANDIRI (FOODMEDIA)
Ketentuan dalam halaman ini adalah Ketentuan Layanan khusus untuk
penggunaan Saldo Mitra (“Ketentuan Khusus”). Ketentuan Khusus ini
merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari (“Ketentuan Layanan”).
Mitra Pengemudi mengakui dan memahami bawa Ketentuan Khusus ini hanya
berlaku bagi Mitra Pengemudi foodmedia yang belum termigrasi dengan
foodMoney. Dalam hal Mitra Pengemudi foodmedia telah termigrasi dengan
foodMoney, maka Ketentuan Khusus ini tidak akan berlaku dan yang akan
berlaku adalah Ketentuan Khusus terkait penggunaan ShopeePay untuk Mitra
Pengemudi yang tercantum di dalam Ketentuan Layanan.
1. Saldo Mitra Pengemudi: foodmedia akan mengelola dan menyalurkan
pembayaran kepada Anda, setelah dikurangi dengan biaya-biaya dan/atau
pajak yang menjadi kewajiban Anda, melalui suatu sistem saldo (“Saldo Mitra
Pengemudi”). Pendapatan Anda akan ditampilkan di Saldo Mitra Pengemudi di
Platform, dan dapat Anda tarik ke rekening bank yang Anda tunjuk, atau,
apabila berlaku, ke akun penerima lain yang tersedia di Platform. Anda setuju
dan dengan ini memberikan kewenangan dan kuasa kepada foodmedia atau
Afiliasinya untuk melakukan pemotongan dari Saldo Mitra Pengemudi atas
sejumlah uang yang ada di Saldo Mitra Pengemudi namun bukan merupakan
hak dari Mitra Pengemudi sebagaimana hal tersebut diatur dalam Ketentuan
Layanan ini, atau sebagaimana diberitahukan kepada Anda melalui Platform.
2. Saldo Minimum: Anda juga harus pada setiap waktu mempertahankan saldo
positif atau minimum saldo dalam jumlah tertentu di dalam Saldo Mitra
Pengemudi (“Saldo Minimum”) untuk dapat menggunakan Layanan
Pengantaran. Nilai Saldo Minimum tersebut akan ditetapkan oleh Perusahaan,
dan diberitahukan kepada Anda melalui Platform. Nilai Saldo Minimum dapat
berubah sewaktu waktu atas Kebijakan Perusahaan. Anda dapat menambah
dana ke dalam Saldo Mitra Pengemudi untuk memenuhi persyaratan Saldo
Minimum.
3. Dana di dalam Saldo Mitra Pengemudi Anda tidak boleh dianggap, ditafsirkan,
atau digunakan sebagai instrumen berharga atau surat berharga konvertibel.
Anda tidak akan menerima bunga atau pendapatan lain dalam Saldo Mitra
Pengemudi Anda. Foodmedi berhak menerima bunga atas jumlah yang dipegang
oleh foodmedia atas nama Anda. Anda setuju untuk mengalihkan hak Anda
kepada foodmedia atas setiap bunga yang dihasilkan dari saldo dalam Saldo
Mitra Pengemudi Anda.
4. Seluruh kuasa yang diberikan oleh Anda kepada Kami atau Afiliasi Kami
sebagaimana disebutkan dalam Ketentuan Layanan ini tidak akan berakhir
karena sebab apapun termasuk karena sebab-sebab yang diatur dalam Pasal
1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata atau ketentuan
lain berdasarkan Hukum yang Berlaku, yang memberikan hak kepada Mitra
untuk mencabut kuasa pengelolaan Saldo Mitra Pengemudi dengan tunduk
pada seluruh ketentuan yang ada di dalam Ketentuan Layanan ini dan
sepanjang diizinkan dan sesuai dengan Hukum yang Berlaku.